Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.

|

Artikel Kesehatan

10 Tips pola makan sehat saat berpuasa

Sejumlah ahli kesehatan dunia membenarkan puasa dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Namun, dengan catatan, selama puasa menerapkan pola makan sehat dan hidup teratur. Ahli kesehatan mencatat sedikitnya ada sepuluh pola makan yang benar ketika berpuasa saat Ramadan. "Yang Anda persiapkan adalah makan-makanan bergizi dan buah segar," seperti dikutip dari Emirat.

 

  1. Mulai makan dengan manis
    Kurma merupakan sumber yang sangat penting untuk mengembalikan energi Anda setelah berpuasa seharian. Kurma dikatakan kaya akan serat dan dapat mengatur pencernaan. Termasuk kaya magnesium dan kalium.
     
  2. Perbanyak Minum
    Saat berpuasa tingkat dehidrasi akan lebih tinggi dibanding dengan hari-hari biasa. Apalagi, saat ini telah memasuki masa puncak musim kemarau dengan suhu mencapai 45 derajat Celsius. Ahli kesehatan menyarankan agar Anda banyak minum saat berbuka puasa.
     
  3. Cegah Kehausan
    Untuk mencegah kehausan saat berpuasa, Anda dapat menghindari beberapa jenis makanan saat sahur, di antaranya adalah makanan asin, makanan cepat saji, pedas, dan acar. Karena jenis makanan tersebut dapat meningkatkan dahaga saat berpuasa.
     
  4. Berbuka dengan perlahan
    Untuk menghindari sakit perut saat berbuka, Anda dapat membiasakan berbuka secara perlahan, mulai dari minum air putih, diikuti makan sup dan buah, kemudian menginjak makanan utama. Lakukan proses itu dengan waktu berjarak agar perut siap untuk mencerna makanan.
     
  5. Mengelompokkan jenis makanan
    Anda harus mengelompokkan jenis makanan yang Anda makan, mulai dari sumber biji-bijian, sayuran, protein, buah-buahan, dan minyak sehat.
     
  6. Prioritaskan pilihan makanan
    Anda diharapkan menjauhi makanan yang mengandung minyak dan lemak. Saat berbuka, lebih disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya protein, susu, telur, dan lain sebagainya. Hal ini penting bagi pertumbuhan sel tubuh Anda.
     
  7. Hindari asin dan manis
    Makan permen setelah berbuka mengakibatkan kembung dan menyebabkan keterlambatan dalam pencernaan. Termasuk dengan makanan asin, pedas membuat Anda lebih sering haus saat puasa di hari berikutnya. Hal ini dapat merusak tubuh Anda.
     
  8. Hindari minum kopi
    Jika Anda peminum kopi, cobalah mengurangi kopi saat Ramadan. Hal ini karena kopi dapat menyebabkan Anda sakit kepala saat puasa dan sering mengantuk.
     
  9. Membagi pola makan
    Saat malam hari, Anda harus membagi pola makan menjadi tiga kali dalam semalam, yakni waktu berbuka, tengah malam, dan sahur. Kemudian Anda dapat membagi porsi makan Anda yang terdiri atas karbohidrat, daging tanpa lemak, protein, sayuran, dan buah-buahan.
     
  10. Latihan olahraga
    Setiap hari Anda disarankan untuk mempertahankan berat badan dan gaya hidup sehat. Caranya dengan olahraga ringan. Cobalah olahraga dua jam setelah waktu berbuka.
DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!